Search

Gitar Evlis Hingga Bob Dylan Terpajang di Museum Ini

Ada lebih dari 130 instrumen dari tahun 1939-2019 dalam pameran itu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seni rock and roll akan dipamerkan di museum Met New York. Aula museum ini dihiasi instrumen-instrumen milik bintang-bintang ternama sepanjang sejarah genre musik tersebut

Dalam bangunan bertingkat di Manhattan itu, terkumpul koleksi memorabilia dan alat musik rock dari bintang seperti Chuck Berry, Eric Clapton, Prince, Joan Jett, Joni Mitchell, Bob Dylan, Keith Richards, Bruce Springsteen dan Elvis Presley dalam pameran Play It Loud: Instruments of Rock & Roll yang akan dibuka untuk umum pada Senin (8/4).

Direktur Museum Metropolitan Max Hollein mengatakan pameran itu digelar untuk merayakan inovasi instrumen dan artistik yang luar biasa. Pameran diadakan bekerjasama dengan Rock & Roll Hall of Fame yang berbasis di Cleveland.

Ada lebih dari 130 instrumen dari tahun 1939-2019 dalam pameran itu. Semua disusun untuk memperlihatkan bagaimana cara musisi memanfaatkan dan memajukan teknologi yang muncul sepanjang abad ke-20 untuk menciptakan musik dan gaya mutakhir.

Selain alat musik, Met juga memamerkan kostum-kostum rocker flamboyan serta memorabilia seperti poster pertunjukan, bahkan sisa-sisa gitar yang hancur.

"Instrumen adalah sebagian benda paling personal yang terhubung dengan musisi, tapi sebagai penonton, kita lebih terbiasa melihatnya dari jauh, di atas panggung saat pertunjukan," ujar Jayson Kerr Dobney, kurator pameran.

Pameran ini memberikan kesempatan langka untuk mengamati benda paling ikonik di dunia rock and roll dari dekat. Sejumlah penampil perempuan juga terwakili dalam pameran, termasuk Patti Smith dan Lady Gaga, di mana piano futuristik megah milik Gaga juga bisa dilihat di pameran yang berlangsung dari 8 April hingga 1 Oktober itu.

Dalam pertunjukan pratinjau, Don Felder dari The Eagles memainkan solo dari lagu Hotel California. Dia mengatakan setelah tiba di New York saat berusia 20-an, hal pertama yang dia lakukan keesokan harinya adalah mengunjungi Met.

"Merupakan suatu kehormatan bahwa 50 tahun kemudian, gitar ini akan digantung di sini," kata Felder mengenai instrumen double-neck Arctic White miliknya.

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2IgeTfu

April 07, 2019 at 01:21PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Gitar Evlis Hingga Bob Dylan Terpajang di Museum Ini"

Post a Comment

Powered by Blogger.