Search

Ilmuwan Ungkap Kemampuan Ajaib Otak Lebah Bumblebee

Otak Bumblebee yang berukuran biji wijen ini mengandung sekitar satu juta neuron.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON DC -- Ilmuwan baru-baru ini melaporkan kemampuan mengenali benda-benda menggunakan indra yang berbeda kini telah terbukti ada pada serangga, yaitu lebah Bumblebee. Penulis utama makalah Cwyn Solvi mengungkapkan otak Bumblebee yang berukuran sebesar biji wijen ini mengandung sekitar satu juta neuron.

Studi ini merupakan yang terbaru untuk mengeksplorasi kecerdasan serangga penyerbuk. Pengenalan objek sebelummya telah ditunjukkan hanya dalam beberapa spesies. Solvi bekerja melintasi visi dan bersinggungan dengan manusia, kera, monyet dan tikus.

Lumba-lumba dapat menggambarkan objek yang mereka gaungkan. Beberapa ikan dapat membangun gambar berdasarkan indra listrik mereka.

Untuk menguji apakah hal yang sama bisa terjadi pada invertebrata, Solvi dan rekan-rekannya di Universitas Queen Mary London mengadakan percobaan yang melibatkan air gula, kina rasa pahit dan hadiah positif, yang digunakan untuk mengisi kubus atau bola kecil.

Sekitar 40 lebah bumblebee dilepaskan di ruangan gelap dan tak berjendela dengan benda-benda yang ada disekitarnya. Lebah tesebut belajar melalui sentuhan yang bentuknya berisi hadiah dan secara konsisten mengunjungi kembali karena bentuk dari  benda-benda itu.

Kemudian tes diulangi dengan lampu menyala sehingga lebah bisa melihat. Kali ini ada lapisan plexiglass yang diletakkan di atas bentuk tersebut. Plexiglass berfungsi sebagai pencegah lebah dari membedakan objek dengan sentuhan.

Serangga masih pergi ke benda-benda yang terkait dengan hadiah. Mereka dapat mengaksesnya melalui lubang lapisan plexiglass.

Untuk memvalidasi temuan, tes kembali diulangi dalam urutan terbalik dan dengan bentuk yang berisi larutan manis dan pahit.

“Lebah memiliki beberapa representasi internal objek yang disatukan di dunia,” kara Solvi, dilansir dari Malay Mail, Sabtu (22/2).

“Mereka memiliki perspektif dunia yang lebih utuh daripada hanya merespons, seperti mesin, tanpa kesadaran apa pun,” ujarnya lagi.

Solvi menambahkan, ada banyak hal yang terjadi di kepala lebah bumblebee, meski mereka tidak mengalami kesadaran persis seperti manusia. Lebah madu telah terbukti melakukan tarian satu sama lain yang menandakan arah sudut dan jarak serbuk sari dan nektar. Intensitas tarian terkait dengan profitabilitas sumber makanan.

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/39W2sA8

February 22, 2020 at 12:05PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ilmuwan Ungkap Kemampuan Ajaib Otak Lebah Bumblebee"

Post a Comment

Powered by Blogger.