Search

Menlu Inggris akan Kunjungi Saudi dan Oman

Inggris menilai negara-negara Teluk penting bagi keamanan dan peluang besar.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON — Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab akan memulai kunjungan resmi perdananya ke kawasan Teluk pada Senin (2/3). Dia diagendakan mengunjungi Arab Saudi dan Oman.

Kunjungan itu bertujuan menegaskan kembali hubungan Inggris di kawasan tersebut. Ia berupaya mendefinisikan peran barunya di panggung global setelah meninggalkan Uni Eropa.

“Teluk penting bagi keamanan Inggris, tapi juga merupakan wilayah dengan peluang besar. Baik Oman dan Arab Saudi ingin berkembang di sektor-sektor seperti kesehatan, pendidikan, dan budaya di mana Inggris memimpin dunia,” kata Raab dalam sebuah pernyataan. 

Namun, Raab tak hanya akan membahas hal itu saat bertemu para pemimpin Saudi dan Oman. “Saya berharap membahas perdagangan, keamanan regional, perubahan iklim, dan hak asasi manusia di kawasan penting ini,” ujarnya. 

Saat tiba di Oman, Raab akan mengadakan pembicaraan dengan Sultan Haitham bin Tarik dan Menteri Luar Negeri Yusuf bin Alawi bin Abdullah. Setelah itu, dia akan bertolak ke Saudi.

Perdagangan menjadi salah satu topik utama yang akan dibicarkan Raab. Saat berada di Riyadh, Raab pun akan bertemu Presiden Yaman Abd-Rabbu Mansour Hadi.

Mereka akan mendiskusikan tentang solusi politik guna mengakhiri konflik serta krisis di Yaman. Konflik yang berlangsung sejak 2014 telah menyebabkan Yaman dilanda krisis kemanusiaan terburuk di dunia.

sumber : Reuters

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2wWF477

March 02, 2020 at 10:30AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Menlu Inggris akan Kunjungi Saudi dan Oman"

Post a Comment

Powered by Blogger.