Search

Panelis Sudah Selesaikan 60 Persen Soal Debat Capres

Seluruh soal untuk debat bisa diselesaikan paling lambat pada Ahad (10/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman, mengatakan tujuh orang panelis telah menyelesaikan sekitar 60 persen soal untuk debat kedua pilpres. Rencananya, seluruh soal untuk debat bisa diselesaikan paling lambat pada Ahad (10/2).

Menurut Arief, tujuh orang panelis sudah mulai bekerja menyusun soal sejak Jumat (8/2). "Sudah saya konfirmasi kepada Pak Sudharto (Sudharto P Hadi) sebagai koordinator panelis,  bahwa sampai saat ini sudah sekitar 60 persen soal selesai dari total target. Kemudian masih akan dilanjutkan sampai besok," ujar Arief kepada wartawan di Hotel Sari Pan Pacific, Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu (9/2).

Menurut dia, seluruh soal untuk debat kedua pilpres harus selesai pada Ahad. Selanjutnya, soal-soal itu akan disampaikan kepada moderator pada pekan depan. Tujuannya, untuk memberikan gambaran kepada moderator tentang apa saja yang akan ditanyakan dalam debat kedua nanti. "Dengan begitu nanti bisa dipahami substansinya saat ditanyakan kepada para calon presiden (capres)," ungkap Hasyim.

Arief mengharapkan, ada sekitar lima pertanyaan yang bisa disiapkan untuk masing-masing tema dalam debat kedua nanti. Seluruh pertanyaan itu pun diharapkan mampu mengupas informasi soal apa saja visi, misi, program para capres.

"Sehingga pesan-pesan tersampaikan dengan baik. Yang seperti itu kan memang tujuan debat pilpres," tambah Arief.

Tujuh orang panelis yang menyusun soal yakni rektor Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) periode 2015-2019 Prof Joni Hermana, Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Arif Satria yang merupakan ahli pertanian dan ekologi manusia, ahli pertambangan Institut Teknologi Bandung (ITB) Prof Irwandy Arif, pakar energi Universitas Gadjah Mada (UGM) Ahmad Agustiawan, pakar lingkungan Universitas Diponegoro (Undip) Sudharto P Hadi, Direktur Eksekutif WALHI Nur Hidayati serta Sekretaris Jenderal Konsorsium Pengembangan Agraria (KPA) Dewi Kartika.

Sebagaimana diketahui, debat kedua pilpres dijadwalkan digelar di Hotel Sultan, Jl Gatot Subroto, Jakarta Pusat pada Ahad, 17 Februari mendatang. Debat kedua nanti merupakan debat antarcapres, yakni Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto.

Dalam debat kedua, ada sejumlah tema yang akan dibahas, yakni energi dan pangan, SDA dan lingkungan hidup serta infrastruktur. Dua moderator, yakni Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki akan memandu jalannya debat tersebut.

KPU sebelumnya sudah menegaskan tidak ada pemberian kisi-kisi pertanyaan kepada masing-masing paslon capres-cawapres dalam debat kedua nanti. Kebijakan ini berbeda dengan debat pertama lalu.

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2Gjsna6

February 09, 2019 at 06:32PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Panelis Sudah Selesaikan 60 Persen Soal Debat Capres"

Post a Comment

Powered by Blogger.