Search

Anak Meninggal Tertimpa Lemari, IKEA Dituntut Rp 644 Miliar

IKEA mengatakan pihaknya memberikan belasungkawa yang terdalam atas insiden tersebut

REPUBLIKA.CO.ID, PHILADELPHIA -- IKEA telah setuju untuk membayar 46 juta dolar AS atau sekitar Rp 644 miliar (kurs Rp 14.000 per dolar AS) kepada orang tua dari seorang bocah lelaki berusia 2 tahun. Bocah laki-laki tersebut meninggal karena luka-luka yang diderita ketika lemari dresser dengan berat 32 kg menimpanya.

Jozef Dudek, dari Buena Park, Kalifornia, meninggal pada tahun 2017 karena luka-lukanya, dan orang tuanya menggugat perusahaan perabot rumah Swedia di pengadilan Philadelphia pada tahun 2018.

Dilansir di LA Times, Rabu (8/1) disebutkan, dalam gugatan tersebut, keluarga Dudek menuduh IKEA mengetahui bahwa lemari dresser Malm-nya menimbulkan bahaya terjatuh dan bahwa mereka telah melukai atau membunuh sejumlah anak.

Tetapi perusahaan tersebut telah gagal untuk memperingatkan konsumen bahwa lemari dresser tidak boleh digunakan tanpa disandar ke dinding. Lemari itu ditarik dari penjualan pada tahun 2016, sesuai dengan gugatan.

Penyelesaian ini juga mengharuskan IKEA untuk bertemu dengan organisasi advokasi Parents Against Tip-Overs, dan memperluas jangkauannya kepada konsumen tentang penarikan kembali lemari dresser IKEA, menurut pengacara keluarga Dudek, Feldman Shepherd.

Keluarga Dudek akan menyumbangkan 1 juta dolar AS dari penyelesaian gugatan untuk organisasi yang mengadvokasi pengujian stabilitas yang lebih ketat untuk lemari dresser, kata mereka.

Dalam sebuah pernyataan, IKEA mengatakan pihaknya memberikan belasungkawa yang terdalam dan bekerja untuk mengatasi masalah keamanan rumah yang sangat penting ini. Ini termasuk menawarkan pendidikan konsumen dan lokakarya keselamatan dan bekerja untuk membuat produk yang lebih aman.

"Meskipun tidak ada penyelesaian yang dapat mengubah peristiwa tragis yang membawa kami ke sini, demi keluarga dan semua yang terlibat, kami bersyukur bahwa litigasi ini telah mencapai resolusi," katanya.

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/35yAGGY

January 08, 2020 at 10:33AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Anak Meninggal Tertimpa Lemari, IKEA Dituntut Rp 644 Miliar"

Post a Comment

Powered by Blogger.