Search

Pot Bunga di Meja Kantor Ternyata tak Hanya Sekadar Pajangan

Menempatkan tanaman kecil di dekat meja kerja dapat membantu mengurangi stres.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Stres bisa terjadi karena pengaruh tuntunan pekerjaan, seperti tekanan kerja, tenggat waktu yang ketat, dan jam kerja panjang. Sementara, untuk menghindarinya merupakan hal yang sulit terjadi.

Menempatkan tanaman kecil di dekat meja kerja dapat membantu mengurangi stres. Selain menambah warna dan kehidupan di tempat kerja, tanaman kecil juga dapat mengurangi stres secara signifikan.

Dilansir dari healthshot, Ahad (5/1) tanaman praktis indoor dieksplorasi oleh para peneliti untuk meningkatkan kesehatan mental karyawan. Mereka yang diteliti umumnya jarang melihat atau berada di lingkungan hijau dan sehat.

Penelitian yang telah dilakukan oleh Universitas Hyogo di Awaji mengungkapkan bahwa tanaman kecil yang terletak di sekitar meja kantor dan mudah dilihat mampu mengurangi stres terkait pekerjaan kantor. Tetapi penelitian ilmiah ini juga memverifikasi terlebih dahulu dampak psikologis dan fisiologis yang disebabkan oleh tanaman dalam ruangan.

Ini merupakan fakta terkenal kehidupan tanaman yang dapat membawa kedamaian mental. Para peneliti telah melakukan pengamatan langsung ke kantor dan menghitung pengurangan stres pada karyawan.

Pengamatan dilakukan dengan 63 orang pekerja di Jepang dengan menggunakan Inventarisasi Kecemasan State-Trait untuk mengetahui perubahan psikologis dan fisiologis. Pengamatan dilakukan sebelum dan sesudah meletakkan tanaman di dekat meja kerja.

“Saat ini, tidak banyak orang yang sepenuhnya memahami dan memanfaatkan cara pemulihan stres dari tanaman yang dibawa ke tempat kerja. Hal tersebut harus diverifikasi dan diberikan bukti ilmiah efek dari pemulihan stress dengan cara membawa tanaman ke meja kerja,” ujar salah satu peneliti, Masahiro Toyoda.

Para peneliti telah mengukur tekanan psikologis karyawan yang menggunakan Inventarisasi Kecemasan State-Trait. Terbukti bahwa denyut nadi karyawan menurun secara signifikan setelah istirahat tiga menit dengan melakukan interaksi dengan tanaman terbukti definitif.

Kedua keterlibatan pasif (akses visual) dan aktif (merawat) pada tanaman di tempat kerja mampu memberikan kontribusi untuk mengurangi stres dan kelelahan. Hasil penelitian ini kemudian ditulis dalam artikel  'Potensi Tanaman Indoor Kecil di Meja Dapat Mengurangi Stres Pekerja Kantor' yang diterbitkan dalam jurnal akses terbuka HortTechnology, oleh American Society for Horticultural Science.

Bagaiman, penelitian ini menarik, bukan?

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2QPhOy6

January 05, 2020 at 08:39AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pot Bunga di Meja Kantor Ternyata tak Hanya Sekadar Pajangan"

Post a Comment

Powered by Blogger.