Search

Amazon akan Buka Toko di Marketplace Lokal Cina

Amazon akan Buka toko di marketplace lokal Cina, Pinduoduo

REPUBLIKA.CO.ID, SHANGHAI – Perusahaan teknologi multinasional Amerika, amazon.com Inc (AMZN.O) akan membuka sebuah toko di platform niaga elektronik (e-commerce) Cina, Pinduoduo (PDD) pada Senin (25/11). Sebuah sumber yang memahami rencana ini menyebut langkah tersebut menunjukkan perubahan pengembangan strategi Amazon setelah menutup toko daringnya sendiri di Cina.

Dilansir Reuters pada Senin (25/11), Amazon menutup niaga elektroniknya di Cina pada Juli. Keputusan ini diambil setelah perusahaan merasa sulit bertahan di tengah persaingan yang ketat dari perusahaan lokal. Sebut saja, niaga elektronik milik Alibaba Group Holding (BABA.N), Tmall dan Jd.com (JD.O).

Saat itu, perusahaan mengatakan ingin meningkatkan fokus pada penjualan barang dari luar negeri ke pembeli Cina melalui platform globalnya. Diketahui, Amazon juga memiliki ‘toko’ untuk menyimpan dan menampilkan buku elektronik maupun media digital lainnya, Kindle, di Tmall.

Alasan perpindahan Amazon ke Pinduoduo bukan tanpa sebab. Secara tradisional, Alibaba dan JD.com mendominasi pasar e-commerce Cina. Tapi, status quo keduanya kini mulai terusik dengan Pinduoduo yang baru berusia empat tahun. Pindudoduo tercatat populer di kalangan penduduk kota Cina tingkat menengah ke bawah.

Meski populer, Pinduoduo yang kerap merayu pelanggan dengan diskon besar dan transaksi pembelian massal masih menghadapi tantangan besar. Perusahaan berbasis di Shanghai ini mengalami penurunan nilai 11 miliar dolar per pekan lalu. Sebelumnya, perusahaan membukukan kerugian kuartal yang jauh lebih luas.

Sumber dari Reuters menyebutkan toko Amazon di Pinduoduo akan membawa barang dari luar negeri. Tapi sampai saat ini juru bicara Pinduoduo masih menggan enggan berkomentar. Amazon pun tidak segera menanggapi permintaan berkomentar dari media.

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2DfoC1Y

November 25, 2019 at 08:18AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Amazon akan Buka Toko di Marketplace Lokal Cina"

Post a Comment

Powered by Blogger.